Aksi Gotong Royong, Mahasiswa KKN-Tematik Universitas Bina Darma Pasang Nomor Rumah Warga Desa Babatan Saudagar

Fauzan Azhiman

8 bulan yang lalu

SIDESPIN - Dalam peraturan daerah tertentu, setiap ada bangunan atau rumah baru, Ketua RT dan RW wajib melakukan pendataan dan melaporkan kepada Dinas, guna dilakukan pengaturan nomor baru. Setiap rumah dan bangunan harus memiliki nomor yang tertulis pada papan dengan mencantumkan tulisan RT, RW, dusun/jalan, desa/kelurahan, kecamatan, dan kode pos. Pada Tanggal 2 November 2023 Aparatur Desa Babatan Saudagar Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir melakukan pemasangan nomor rumah yang dibantu oleh mahasiswa Universitas Bina Darma KKNT kelompok 4 yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang baik dan tertata rapih sehingga tidak membingungkan orang dalam mencari alamat, dan membantu pendataan warga.

"Pemasangan nomor rumah di Desa Babatan Saudagar dusun 1 bertujuan untuk membantu pendataan, mencari alamat rumah warga dan menciptakan lingkungan yang tertata rapih" Dikutip oleh Muhammad Syafik A. Syukri Kepala Desa Babatan Saudagar

Pemasangan nomor rumah ini dilakukan tepatnya di dusun I RT 01 dan 02 desa babatan saudagar kecamatan pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. Nomor rumah selalu ekslusif untuk satu rumah. Manfaat dan fungsinya sebagai media korespoden surat – menyurat, menentukan lokasi, identitas penghuni, dan agar mempermudah tidak membingungkan orang lain mencari alamat. Di era digital banyak kebutuhan transaksi dilakukan secara online (COD) sehingga mempermudah apabila ada kiriman barang atau dokumen penting yang dialamatkan ke penghuni rumah bisa dengan tepat sampat ditujuan.