Keren!! Desa ini Punya Program untuk Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Fauzan Azhiman

6 bulan yang lalu

SIDESPIN - Bapak Amrullah selaku Kepala Desa Pemulutan Ilir menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat penurunan dan menghindarkan angka stunting meningkat di Desa Pemulutan Ilir. Dilansir melalui Team Sidespin Pak Amrullah menyampaikan program tersebut di tujukan kepada pada Bayi dan Balita di Desa Pemulutan Ilir.

Stunting adalah gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak, kondisi ini berefek jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia.

Kekurangan gizi sejak dalam kandungan mengakibatkan pertumbuhan otak dan organ lain terganggu, yang mengakibatkan anak lebih beresiko terkena diabetes, hipertensi dan gangguan jantung. Pertumbuhan otak yang tak maksimal juga menyulitkan anak bertanggungjawab atas hidupnya sendiri kelak.

Untuk mengantisipasi adanya balita stunting Pemerintah Desa Pemulutan Ilir yaitu Bapak Amrullah melaksanakan kegiatan cegah stunting dengan membagikan makanan bergizi, susu, dan vitamin di Posyandu dan PAUD.

Kegiatan ini dilaksanakan sebulan sekali pada tanggal 10. Petugas Posyandu melakukan pendataan balita mulai dari tinggi badan, berat badan, lingkar kepala dan lingkar lengan untuk memantau perkembangan bayi dan balita setiap bulan, kemudian diberikan makanan sehat bergizi dan vitamin.